Perilaku
pasar adalah pola kebiasaan pasar meliputi proses (mental) pengambilan
keputusan serta kegiatan fisik individual atau organisasional terhadap produk
tertentu, konsisten selama periode waktu tertentu. Pemahaman terhadap profil dan perilaku pasar
akan menjelaskan tentang :
1. Siapa,
Apa, Berapa, Kapan, Dimana pembelian dilakukan
2. Mengapa
suatu produk dibeli (ditolak)?
3. Bagaimana
proses pembelian terjadi?
Siapa,
Apa, Berapa, Kapan, Dimana pembeliannya, hal ini merupaka hal utama dalam
proses perilaku pasar untuk pembelian suatu produk. jika kita ingin membeli suatu
produk maka kita harus menyesuaikan produk tersebut untuk siapa saja
(apakah cocok jika di pakai oleh kita?),
produk apa yang kita diinginkan, berapa banyak kita harus membeli produk
tersebut agar sesuai dengan kebutuhan,
kapan produk tersebut ada di pasaran, dan di mana kita bisa mendapatkan produk
yang kita ingingkan tersebut. Penulis
mengamati seorang konsumen remaja yang bernama Selly , Selly memilih produk
shampo Loreal. Umumnya, shampo Loreal dipakai oleh wanita. Selly membeli 1
botol shampo Loreal setiap bulan. Produk shampo Loreal digunakan oleh Selly untuk
keramas 1 kali dalam sehari. Shampo Loreal di beli Selly di supermarket atau di
toko khusus kosmetik karena produk shampo Loreal tidak tersedia di warung
biasa. Harga shampo Loreal yaitu Rp 30.000,00/botol. Shampo merupakan kebutuhan
setiap hari bagi konsumen sehingga produk ini tersedia dipasaran kapan saja.
Pengambilan keputusan (untuk membeli
atau tidak membeli) seseorang dipengaruhi oleh faktor personal dan sosialnya.
Faktor personal meliputi motivasi, persepsi, pemahaman, kepercayaan, sikap, dan
kepribadian seseorang. Kehidupan personal seseorang dipengaruhi oleh lingkungan
sosialnya. Faktor sosial tersebut meliputi aspek kultur, subkultur, klas
sosial, kelompok referensi, keluarga, serta peran dan status seseorang dalam
kehidupan kelompok.
Teori motivasi menurut Herzberg,
motivasi seseorang melakukan kegiatan atau tindakan adalah usaha untuk mencapai
tingkat kepuasan (faktor motivasi) dan atau untuk menekan rasa ketidakpuasan
(faktor hijienik). Tiap konsumen memiliki motivasi yang berbeda-beda dalam
pembelian suatu produk, motivasi ini dapat memperkuat keinginan konsumen untuk
segera memiliki produk tersebut. Selly sebagai konsumen produk shampo Loreal
memiliki motivasi pula dalam pembelian produk ini, Selly ingin rambut panjangnya
halus dan berkilau seperti bintang iklannya shampo Loreal yang bernama Dian Sastro.
Persepsi adalah proses pemilihan,
pengorganisasian, dan pengartian informasi berdasarkan pengalaman pribadi. Persepsi tiap orang itu berbeda-beda
tergantung dari sudut pandang dan pengalaman pribadinya. Selly meganggap shampo
Loreal itu yang terbaik karena merupakan produk luar negri yang terkenal di
beberapa negara. Pemahaman dan kepercayaan mengenai suatu produk juga merupakan
proses perilaku konsumen dalam menentukan produk yang ingin dibeli. Lalu
konsumen akan menentukan sikap mengenai suatu produk, sikap adalah penilaian
relatif seseorang suatu obyek atau pemikiran tertentu secara konsisten, maka
sebagai pemasar perlu melakukan usaha membentuk sikap konsumen agar tidak menolak
produk maupun perusahaan.
Peranan seseorang dalam proses
pembelian menjadi hal penting, misalnya peranan pakar rambut internasional yang
ikut menyarankan sebuah shampo Loreal yang identik dengan shampo berkelas dunia
sangat berpengaruh terhadap penjualan produk shampo tersebut. Model pengambilan keputusan (untuk membeli
atau tidak membeli) oleh decider meliputi
: (1) perumusan masalah, (2) pengumpulan informasi, (3) pengembangan dan
penilaian alternatif, (4) penentuan alternatif terbaik atau pengambilan
keputusan, dan kegiatan setelah keputusan diambil. Selly sebagai konsumen produk shampo Loreal
merumuskan berbagai pilihan shampo yang tersedia dipasaran, mencari informasi
yang lengkap melalui iklan, internet, dan pengalaman teman serta keluarganya
yang memakai produk shampo Loreal. Setelah mempertimbangkan dari berbagai informasi lalu memutuskan pemakaian
produk tersebut, karena Selly merasa cocok memakai produk shampo Loreal
akhirnya Selly rutin membeli produk tersebut untuk memenuhi kebutuhannya.
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Hapus