Jumat, 03 Februari 2012

Istilah Sunk Cost Tidak Asing




            Sunk cost. Salah satu peran biaya yaitu proses pengambilan keputusan perusahaan dengan pertimbangan alternative untuk mewujudkan efisiensi.
Secara garis besar dapat dikatakan bahwa sunk cost memiliki pengaruh besar terhadap produktifitas perusahaan. Mengapa?
Maka sebaiknya kita harus memahami terlebih dahulu definisi sunk cost tersebut.
Sunk cost  memiliki resiko tinggi dalam perusahaan karena memunculkan biaya yang akan terjadi sebagai akibat pengambilan keputusan yang telah lalu.
Mengapa seperti itu?
Sunk cost atau biaya tenggelam atau biaya tertanam merupakan biaya yang tidak  dapat dihindari atau dikurangi, contoh biaya tenaga kerja tidak langsung seperti gaji manager atau bagian administrasi, biaya PBB ataupun biaya riset dan pengembangan. Mengapa di sebut tidak terhindar?
Misalnya ketika perusahaan mengalami kebangkrutan maka gaji manajer dan bagian administrasi lainnya biaya ini harus tetap dibayarkan.

Contoh dari sunk cost adalah penyusutan, biaya investasi awal, biaya sewa yang telah dipakai, pembelian peralatan tetapi tidak terpakai, PBB dan gaji manajer kontrak. 

Contoh kasus ketika perusahaan memutuskan untuk melakukan investasi dengan membeli peralatan untuk kegiatan operasional seharga 300 juta pada tahun lalu, maka di tahun selanjutnya tidak dpat dihindari akan terjadi penyusutan. Ketika di tahun ke-2 peralatan tersebut di jual dengan harga 250 juta, maka kerugian sebesar 50 juta merupakan sun cost. Biaya penyusutan atau kerugian menjual peralatan tersebut tidak dapat dihindari oleh perusahaan, maka biaya yang telah dikeluarkan dan tidak dapat dikembalikan ini merupakan sunk cost.

Contoh kasus yaitu pada perusahaan harus mengutamakan efisiensi agar mampu bersaing dipasaran. Maka  dibutuhkan  biaya riset yang diharapkan mampu menciptakan penemuan atau teknologi baru dalam rangka meningkatkan faktor produksi. Apabila riset tersebut gagal maka biaya tersebut tidak membuahkan perolehan maka hal itu yang di sebut sunk cost karena tidak menghasilkan perolehan masa mendatang. Maka tugas besar bagi perusahaan untuk mempertimbangkan keputusan mengenai sunk cost karena memiliki tingkat resiko yang tingi. Sunk cost yang telah dikeluarkan tidak akan dapat dikembalikan, apabila perusahaan memutuskan untuk menjual asset perusahaan tersebut biaya yang kembali tidak  sama dengan biaya yang dikeluarkan.


Tugas Teori Ekonomi 2 Dr Prihantoro

Tidak ada komentar:

Posting Komentar