Proses Pembelian Barang oleh Konsumen. Seorang
konsumen pada hakikatnya memiliki kebutuhan dan keinginan akan suatu barang.
Untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya maka para konsumen akan melalui
beberapa proses pembelian karena tersedianya berbagai macam pilihan barang yang ada dipasaran. Proses pembelian barang
ini lebih diutamakan pada barang yang lebih istimewa (harganya relatif tinggi)
sehingga membutuhkan proses pembelian supaya barang tersebut sesuai dengan
kualitas dan tingkat harga yang kita inginkan.
Penulis menganalisis seorang
konsumen yang berprofesi sebagai TNI dalam menentukan pembelian laptop.
Umumnya, laptop sudah menjadi sebuah kebutuhan bagi sebagian pelajar, mahasiswa
maupun berbagai profesi. Penulis telah
mewawancarai nara sumber yang bernama Putra. Putra menginginkan sebuah laptop
karena tuntutan pekerjaannya sebagai TNI yang diharuskan untuk membimbing
perwira-perwira baru tentang teori pertahanan. Laptop bagi Putra bukan sekedar
keinginan tetapi sudah menjadi sebuah kebutuhan karena tanpa laptop pribadi
Putra akan sulit untuk menjalankan tugasnya dalam membimbing perwira-perwira
baru.
Sesuai
kebutuhan dan keinginannya Putra harus melakukan pembelian pada produk laptop karena laptop
terdiri dari berbagai pilihan merk dan kualitas maka konsumen harus memikirkan
laptop dengan merk dan kulitas apa yang diinginkan supaya produk yang di beli
itu memuaskan dan penggunaanya sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Hal utama
yang dilakukan konsumen (Putra) yaitu mencari informasi tentang harga dan
kulitas dari berbagai merk laptop yang beredar dipasaran supaya ada acuan harga
dan kualitas dalam pembeliannya. Teknologi yang sudah semakin canggih bisa
dimanfaatkan untuk mencari informasi mengenai sebuah produk yang kita inginkan
yaitu melalui internet, bisa juga melalui media cetak dan media elektronik
lainnya. Informasi mengenai suatu produk juga bisa didapatkan melalui pengalaman
orang-orang di sekitar.
Penulis bertanya “Apa tujuan
pembelian laptop bagi Saudara Putra?” Putra sebagai narasumber memiliki tujuan
pembelian yang konkret untuk membeli sebuah laptop. Putra yang berprofesi
sebagai TNI yang bertugas membimbing perwira-perwira baru dalam hal teori
pertahanan dan keamanan sehingga Putra
membutuhkan laptop untuk membuat laporan/teori, mencari teori melalui
internet (up to date), mempresentasikan
teori pada perwira-perwira bimbingannya.
Putra mengidentifikasi alternatif pembelian setelah
dia medapatkan berbagai informasi. Putra merupakan konsumen yang teliti
sehingga Putra terlebih dahulu mencari tau tingkat harga laptop yang dia
inginkan di berbagai tempat seperti toko elektronik di pasar, penjual
elektronik di pusat perbelanjaan (mal) dll. Dalam pengambilan keputusan
pembelian, Putra memutuskan untuk membeli laptop Toshiba seharga 10 juta di toko elektronik. Putra
memilih merk Toshiba seharga 10 juta karena
membutuhkan laptop yang canggih sebagai tuntutan profesinya, Putra
mendapat informasi dari internet dan
dari beberapa pengalaman temannya yang menggunakan laptop Toshiba. Putra lebih
memilih membelinnya pada toko elektronik di pasar karena harganya lebih murah
dibandingkan toko elektronik pada Pusat Perbelanjaan (maal).
Melalui berbagai proses pembelian
yang telah dibahas, kita sebagai konsumen memang harus mengetahui informasi
yang lengkap mengenai suatu produk barang yang ingin kita beli supaya kita
mendapatkan produk yang kualitas dan tingkat harganya sesuai.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar