Kamis, 01 Maret 2012

Analisis Jurnal

Post Global Financial Crisis International Business Strategies
International Review of Business Research Papers Volume 6. Number 4. September 2010. Pp. 324 – 336

Tema
         Strategi bisnis internasional untuk memperbaiki perekonomian yang disesuaikan dengan tingkat resesi  pasca krisis keuangan global dan perilaku perekonomian masing-masing negara.

Latar Belakang Masalah
Strategi bisnis internasional dipengaruhi oleh kondisi ekonomi, meskipun terdapat pandangan bahwa sumber daya pada perusahaan merupakan factor yang lebih signifikan. penelitian ini mengidentifikasi perbedaan perilaku negara dalam melakukan strategi perusahaan internasional akibat terjadinya krisis keuangan global. Krisis global keuangan yang terjadi mengakibatkan terjadinya resesi, baik resesi yang dalam, resesi dangkal atau tidak ada resesi sama sekali. Potensi kompetisi internasional dapat dijadikan peluang potensial  untuk meningkatkan pangsa pasar secara global.
Teori ekonomi memprediksi penurunan internasionalisasi ketika biaya modal lebih tinggi, seperti yang dialami dalam krisis keuangan global (Ricardo 1963). Prediksi ini telah didukung oleh penurunan global dalam investasi langsung asing (FDI) sebesar 30% (UNCTAD, 2009). Teori keunggulan komparatif internasional memprediksi daya tarik dikurangi untuk kegiatan internasional yang dihasilkan dari peningkatan tingkat efisiensi dalam negeri.
Peneliti merumuskan strategi yang harus dilakukan untuk menghadapi perubahan bisnis internasional akibat terjadinya krisis global keuangan. Peneliti ingin mengidentifikasi strategi yang tepat yang disesuaikan dengan tingkat resesi suatu negara dalam krisis ekonomi internasional dari untuk menghadapi perekonomian dunia pasca krisis keuangan internasional .
  
Metodelogi
Peneliti menggunakan data sekunder dengan mengacu pada penelitian sebelumnya. Media bisnis publik dan literatur penelitian dilakukan untuk mengindentifikasikan perilaku dan strategi antara perusahaan berdasarkan tingkat resesi pasca krisis keuangan global yang terjadi. Pencarian literature periode 2008-2009 mendukung teori ekonomi, keunggulan komparatif internasional, desain organisasi, strategi perusahaan, keunggulan kompetitif nasional, daya tarik industri, pertukaran perspektif harga Dunning's eclectic theory dan teori politik diidentifikasi.

Hasil dan Analisis
Krisis global keuangan yang terjadi mengakibatkan terjadinya resesi, baik resesi yang dalam, resesi dangkal atau tidak ada resesi sama sekali. Resesi yang dialami oleh negara di bagi 3 yaitu resesi dalam, resesi dangkal, dan negara yang tidak mengalami resesi sama sekali maka dalam penentuan strategi harus disesuaikan dengan tingkat resesi. Khususnya untuk negara yang mengalami resesi dalam maka mengakibatkan mengurangi tingkat internasionalisasi sehingga melalakukan strategi dengan  berfokus internasionalisasi perilaku dari bisnis internasional dengan negara yang mengalami resesi dangkal, dan memulai tingkat yang lebih besar akuisisi sebagai bagian dari strategi internasional dari perusahaan-perusahaan dengan pasar negara yang tidak mengalami resesi sama sekali Potensi kompetisi internasional dapat dijadikan peluang potensial  untuk meningkatkan pangsa pasar global. Dalam menghadapi krisis keuangan diperlukan strategi internasional yang dipengaruhi kekuatan pasar negara yang bersangkutan, kebijakan pemerintah dengan perilaku proteksionis terhadap asing, internasional nilai tukar dan tingkat variasi lokal dari persaingan.
Gambar ini menunjukan tanggapan strategi internasional terhadap krisis keuangan internasional yang terjadi. 4 kekuatan pada gambar tersebut berkontribusi langsung terhadap respon Strategi Internasional untuk mengahadapi pasca krisis keuangan global yang terjadi. Selain itu cenderung untuk mempengaruhi satu sama lain dalam pasar tertentu juga. bahwa perilaku proteksionis dari pemerintah daerah akan mempengaruhi nilai tukar mata uang yang serta variabilitas kemungkinannya. Pemerintah China untuk menjaga Yuan / US dolar nilai tukar rendah untuk mendukung ekspor lanjutan ke AS adalah contoh dari interaksi ini yang telah memiliki dampak yang sangat signifikan terhadap perdagangan internasional.

Kesimpulan dan Rekomendasi
Peneliti menetapkan bahwa terjadinya perubahan strategi internasional dalam bisnis internasional pasca terjadinya krisis keuangan internasional. Strategi yang dilakukan harus disesuaikan dengan  luasnya pangsa pasar dan tingkat resesi akibat dari krisis keuangan global yang dialami negara bersangkutan. Dua factor utama untuk menentukan strategi internasional pada saat krisis keuangan yaitu kondisi pasar negara yang bersangkutan dan tingkat perlindungan industri dalam negeri yang diperkenalkan oleh pemerintah negara asing sebagai respons terhadap krisis ekonomi. Faktor-faktor lain termasuk variabilitas nilai tukar relatif juga dipengaruhi strategi internasional selama krisis keuangan.
       Dari penelitian ini sangat diharapkan diadakan penelitian selanjutnya yang lebih mengidentifikasi data yang akurat dan spesifik mengenai strategi khusus pada perilaku negara yang berbeda untuk bisnis internasional pada pasca krisis keuangan globalisasi.

Ujian Teori Ekonomi 2  Dr Prihantoro

Tidak ada komentar:

Posting Komentar