Rabu, 07 Maret 2012

Kiat Mengatasi Insomnia


Mengatasi insomnia

·         Jangan tidur siang
Tidur siang mengurangi jumlah tidur di malam hari. Memang insomnia bisa membuat anda mengantuk di siang hari. Jika perlu tidur siang, batasi lamanya dan lakukan sedini mungkin.
     
·         Hindari kafein atau nikotin mendekati waktu tidur
Food and Drug Administration  Amerika menganjurkan tidak mendapatkan kafein atau nikotin selama 4 sampai 6 jam sebelum tidur. Ahli lainnya menyarankan insomniak mendapatkan kafein dalam jumlah kecil di pagi hari. Artinya tidak lebih dari 1 atau 2 cup kopi per hari dan tak boleh minum kafein pada pertengahan hari.

·         Hindari alkohol di waktu tidur
Alkohol dapat menganggu tidur, bukan memperbaiki seperti dugaan banyak orang. kendatipun menenangkan, alkohol juga bertindak pendek. Alkohol membuat metabolisasi terjadi cepat dan tidur jadi lebih ringan atau lebih terputus-putus. Artinya kemungkinan terbangun di tengah malam dan sulit tidur lagi.

·         Olahraga dan makan lebih awal
Menurut FDA, paling baik hindari olahraga dan makan besar antara 2 jam sebelum tidur. Coba persiapkan diri untuk tidur dengan mendengarkan musik atau baca setengah jam sebelum tidur. Selain itu, para ahli tidur menyarankan insomniak menggunakan ranjang hanya untuk tidur dan hubungan intim.

·         Ciptakan lingkungan yang mendukung untuk tidur
Para ahli menyarankan lingkungan kamar tidur yang kondusif untuk tidur: gelap dan tenang, dengan temperatur nyaman, dan lebih disukai bebas dari hewan peliharaanyang berisik, beep ponsel atau pager, televisi, radio, dan komputer. Para ahli menyarankan membatasi penggunaan tekhnologi mendekati waktu tidur jika ingin mendapat tidur malam yang baik.

·         Pertahankan rutinitas tidur
Kita adalah makhluk kebiasaan, setiap sel di dalam tubuh kita punya ritme. Secara umum, rutinitas tidur yang teratur itu baik: berangkat tidur pada jam yang sama, bangun pada jam yang sama.

Nara sumber: Aura edisi 35




Tidak ada komentar:

Posting Komentar