E-commerce di Indonesia kurang populer karena banyak pengguna internet belum percaya keamanan sistem ini dan kurangnya pengetahuan.
· Keuntungan menggunakan e-com bagi konsumen
1. Waktu berbelanja lebih singkat
2. Harga lebih murah
3. Tersedia hampir semua jenis barang
4. Informasi mengenani barang jualan lengkap
· Apa
pengertian E-commerce? Umumnya orang berfikir e-com itu online
shopping, belanja dan membeli barang melalui web. Sebenarnya web
shopping atau online shopping hanya sebagian kecil dari belantara e-com.
Karena sebagian besar lebih banyak hubungan dagang bisnis ke bisnis
yang memudahkan proses pembelian antar perusahaan.
· Mekanisme e-com yaitu
1. Pembeli
gunakan shopping chart untuk menyimpan data tentang barang-barang yang
telah dipilih dan akan dibayar, bisa di cancel jika tidak jadi membeli.
2. Mengisi
form transaksi untuk membayar. Isi form mengenai identitas pembeli dan
nomor kartu kredit. Data aman karena ada security tertentu
3. Lalu penjual akan mengirim barang dengan jasa pos ke rumah pembeli langsung.
· E-commerce
di Indonesia sudah memiliki web resmi yaitu RisTI shop (Divisi Riset
dan Tekhnologi Informasi) milik PT Telkom yang menyediakan produk
peralatan telekomunikasi dan nontelekomunikasi.
· Keuntungan menggunakan E-commerce bagi penjual:
1. Investasi tidak sebesar membangun toko yag sebenarnya.
2. Lingkup pemasaran lebih luas
3. Biaya penyelenggaraan dan promosi kecil
· Alternatif pembayaran dalam E-commerce:
1. Menggunakan kartu kredit
2. E-cash yaitu account khusus untuk pembayaran melalui internet
3. Smartcard
4. I-check (menggunakan check dalam pembayaran)
· Kendala dalam melakukan E-com:
1. Pembeli belum percaya dengan keamanan sistem ini
2. Tidak menenmukan barang yang mereka cari di e-com
3. Belum ada cara yang mudah dan sederhana unutk membayar
4. Surfing dan kinerja jaringan belum lancar betul
5. Bagi bisnisman terjadi kesulitan sharing antara informasi online dengan aplikasi bisnis lainnya.
· Standar teknologi e-com
1. SET (Secure Electronic Transaction) : bisa menjaga kerahasiaan informasi customer
2. OBI (Open Buying on the Internet) : sistem e-com agar dapat berbicara satu dengan yang lainnya.
3. SSL (Secure Socket Layer) : membangun saluran yang aman ke server
4. OPS (Open Profiling Standard) : membuat sebuah profil pribadi yang dapat di share
· Istilah pada e-com
1. Digital/ elctronic cash : membeli barang jasa dengan cara mengirim nomor dari satu komputer ke komputer yang lain
2. Digital money: mekanisme pembayaran elektronik
3. Disintermediation : proses untuk memotong jalur perantara
4. Electronic check : akan mengambil uang dari account check di bank pelanggan untuk pembayaran PAM,pembayaran telepon,dll.
5. Electronic wallet : pola pembayaran yang menyimpan nomor kartu kredit di hard disk Anda dalam bentuk terenkripsi yang aman.
E-commerce
mempunyai masa depan yang cerah, tidak mustahil e-com dan internet akan
megubah struktur dunia usaha secara global. Jadi masyarakat virtual
akan menggoyang kehebatan divisi marketing & penjualan di
perusahaan-perusahaan besar, justru perusahaan-perusahaan kecil dengan
proyek yang lebih baik dan customer sevice yang baik akan dapat
menggunakan masyarakat virtual untuk mengalahkan perusahaan besar.
Referensi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar