Selasa, 19 Juni 2012

Pandangan Pancasila terhadap manusia Indonesia.


Jelaskan pandangan Pancasila terhadap manusia Indonesia !

Pandangan Pancasila terhadap manusia Indonesia. Menurut saya pandangan Pancasila terhadap manusia Indonesia itu seperti bercermin karena Pancasila merupakan rangkuman nilai-nilai adat-istiadat, kebudayaan, dan agama-agama yang ada di Indonesia. Secara rinci maka Pancasila merupakan cerminan dari aktivitas manusia Indonesia, pola hidup, gaya hidup,pola pikir dll. Hal tersebut merupakan bukti nyata bahwa pancasila merupakan pedoman/acuan dalam segala bidang kehidupan manusia Indonesia itu sendiri. 

Pancasila merupakan pandangan hidup bangsa Indonesia yang di dalamnya tersirat makna untuk mencapai tujuan bangsa Indonesia, hal ini secara langsung berpengaruh pada sikap manusia Indonesia karena tujuan yang jelas pada Pancasila akan membantu memotivasi manusia Indonesia untuk mencapai tujuan bangsa ini dengan berpedoman pada Pancasila dalam menyelesaikan masalah-masalah politik, ekonomi, sosial dan budaya yang timbul untuk membangun sebuah bangsa yang kuat.

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Pancasila merupakan rangkuman nilai-nilai adat-istiadat, kebudayaan, dan agama-agama yang ada di Indonesia, hal ini membuktikan bahwa lahirnya Pancasila sesuai dengan situasi dan kondisi manusianya itu sendiri. Sehingga  manusia Indonesia harus menjadikan Pancasila sebagai padangan hidup, pegangan hidup dalam segala bidang, diamalkan, dan dilestarikan ke generasi selanjutnya.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar