Selasa, 19 Juni 2012

Kausa Materialis


Jelaskan mengapa bangsa Indonesia disebut sebagai Kausa Materialis dari Pancasila!

Kausa Materialis dari Pancasila. Untuk membentuk pancasila tidak semudah membuat suatu peraturan yang setiap saat bisa dirubah, pancasila merupakan ideologi bangsa Indonesia yang menjadi pedoman dan dasar dalam mencapai tujuan serta menunjukan jati diri bangsa sehingga proses pembentukannya cukup panjang. 

Secara sederhana dapat disimpulkan bahwa bangsa Indonesia disebut sebagai kausa materialis dari pancasila. Hal ini karena dalam nilai-nilai dasar pancasila secara real berasal dari nilai-nilai adat istiadat, nilai kebudayaan serta nilai religious yang dimiliki oleh bangsa Indonesia atau yang telah secara natural menjadi pola kehidupan masyarakat Indonesia itu sendiri. 

Nilai-nilai dasar Pancasila melahirkan nilai Ketuhanan, nilai kemanusiaan, nilai persatuan, nilai kerakyatan dan nilai keadilan. Masyarakat Indonesia bahkan sebelum terbentuk negara Indonesia memang telah percaya adanya Tuhan. Pada nilai kemanusiaan,masyarakat Indonesia menjunjung tinggi hak dan kewajiban sesama manusia untuk mewujudkan kehidupan yang damai dan bertoleransi. Masyarakat Indonesia memiliki keistimewaan dengan beragam suku, agama, kebudayaan namun tetap menjunjung tinggi persatuan. Masyarakat Indonesia terbiasa mengambil keputusan dengan cara musyawarah dan mufakat.Serta keadilan yang dimiliki oleh setiap masyarakat untuk mengembangkan diri mencapai kesejahteraan dalam kehidupan bermasyarakat. 

Nilai-nilai pada penjelasan sebelumnya terbentuk dalam proses yang panjang sehingga pada hakikatnya suatu nilai yang telah mendarah daging seperti adat istiadat, nilai kebudayaan serta nilai religious yang dimiliki oleh bangsa Indonesia itu telah ada, bahkan jauh sebelum negara Indonesia terbentuk. 

Pembentukan Pancasila itu bertujuan untuk dijadikan pedoman oleh seluruh masyarakat Indonesia, maka kausa materialis yang berasal dari nilai-nilai adat istiadat, nilai kebudayaan serta nilai religious yang dimiliki oleh bangsa Indonesia merupakan langkah cerdik dalam membentuk Pancasila. Hal itu dapat menjadikan masyarakat Indonesia lebih mudah untuk menyatukan tekat dan berpedoman pada Pancasila karena proses pembentukannya sejalan dengan kebiasaan yang telah mendarah daging pada masyarakat itu sendiri. 

Sehingga diharapkan pembentukan nilai-nilai Pancasila yang tepat dapat mewujudkan kehidupan bermasyarakat dan bernegara secara harmonis. Pancasila itu bukan sekadar di baca pada upacara bendera saja, namun harus dijadikan padangan hidup, pegangan hidup dalam segala bidang, diamalkan, dan dilestarikan ke generasi selanjutnya. Seharusnya proses pancasila yang sudah dijelaskan sebelumnya, dapat dengan mudah dijalankan oleh masyarakat karena sumbernya saja dari masyarakat itu sendiri, bukan dari kebiasaan masyarakat lain yang dipaksakan menjadi ideologi bangsa ini.

4 komentar:

  1. contohnya dimana bahwa indonesia merupakan materialis pancasila?
    berikan contohnya...!!
    thanks

    BalasHapus
  2. jadi arti kausa meterialis itu sendiri apa ? (maaf gagal fokis ) 😆😆😆

    BalasHapus
  3. Mengapa bangsa indonesia sebagai causa materialis dari pancasila ??

    BalasHapus
  4. banyak tapi ngga beri jawaban

    BalasHapus