Kamis, 12 April 2012

BLT, Sea Games, Dampak Kenaikan Tingkat Bunga, Faktor-faktor dan Dampak Subsidi ,


BLT (Bantuan Tunai Langsung), Pelaksanaan Sea Games, Faktor-faktor dan dampak kenaikan tingkat bunga Faktor-faktor dan Dampak Subsidi.


11.  BLT (Bantuan Tunai Langsung)

·         Fenomena 
 kemiskinan di Indonesia dari tahun ke tahun mengalami peningkatan, maka kenaikan harga minyak di pasar dunia dikhawatirkan menambah jumlah masyarakat miskin karena menurunnya daya beli masyarakat.

·         Analisis
BLT (Bantuan Tunai Langsung) yang diberikan pemerintah untuk warga miskin yang tidak mampu membiayai hidupnya sehari-hari. Pemerintah melakukan kebijakan mengurangi subsidi BBM untuk mengurangi beban negara dan menghemat devisa karena berdasarkan analisis subsidi BBM diketahui konsumsi BBM terbesar dilakukan oleh masyarakat kelas menengah kelas ke atas. Hal ini dijadikan landasan pemerintah untuk mengalihkan subsidi BBM ke bentuk bantuan tunai yang langsung diterima oleh masyarakat miskin. Kenaikan BBM mengakibatkan harga bahan bakar minyak, transportasi dan barang-barang kebutuhan pokok yang dirasakan dampaknya oleh semua lapisan masyarakat khususnya masyarakat miskin. Sehingga pemerintah memberikan BLT untuk meningkatkan daya beli warga miskin karena peningkatan biaya hidup yang tidak diimbangi dengan peningkatan pendapatan. Adanya perbedaan jumlah data kemiskinan yang dikeluarkan oleh berbagai instansi yang terkait juga memperbesar kemungkinan terjadinya penyimpangan sasaran.
 
·         Solusi
Sebaiknya pemerintah membenahi vertifikasi data kemisikinan supaya tidak terjadi salah sasaran warga miskin yang menerima BLT. Program BLT yang dilakukan dalam enam bulan pasca kenaikan BBM, seharusnya pemerintah telah mempersiapkan program-program pemberdaayaan masyarakat melalui program  padat karya dan padat modal secara seimbang untuk menuntaskan masalah kemisikinan sehingga daya beli masyarakat dan pertumbuhan ekonomi menigkat.

 
Adanya kebijakan BLT yaitu permintaan kebutuhan pokok meningkat dari Q1 ke Q2 karena kenaikan daya beli oleh masyarakat khususnya yang menerima BLT.
 Kurva penurunan substitusi perdampak penurunan daya beli


22.       Pelaksanaan Sea Games

·         Fenomena 
Baru-baru ini Indonesia menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan Sea Games, pelaksanaan Sea Games  mendapat antusias besar dari masyarakat selain itu momen ini juga menjadi peluang masyarakat sekitar untuk mendapatkan keutungan dari event ini. Terutama untuk daerah Palembang dan Jakarta yang dijadikan lokasi pelaksanaan Sea Games menjadi lebih ramai dikunjungi wisatawan domestik dan mancanegara.

·         Analisis
Event ini digunakan sebagian masyarakat untuk mendapatkan keuntungan contohnya pada perusahaan manufaktur dan garmen yang menambah produksi misalnya, berbagai kaos, pernak-pernik, dan cendera mata yang bercorak Sea Games. Pangsa pasar yang besar ini menambah permintaan hasil produksi perusahaan-perusahaan tersebut sehingga kenaikan penawaran ini menambah keuntungan pemilik perusahaan. Permintaan yang tinggi ini dapat mendorong perusahaan untuk menambah tenaga kerja atau meningkatkan waktu pekerja untuk memproduksi lebih sehingga pekerja memiliki kelebihan penghasilan yang akan menambah daya belinya. Pemerintah juga mendapatkan distribusi pajak yang lebih tinggi akibat peningkatan keuntungan yang di terima oleh perusahaan.

Kurva ini menunjukan kenaikan tingkat penawaran sebagai contoh, sebelum pelaksanaan Sea Games perusahaan yang memproduksi kaos menawarkan produk sebesara 600, namun setelah pelaksanaan Sea Games penawaran bertambah menjadi 900 karena peningkatan permintaan.
·         Solusi
Masyarakat harus lebih agresif untuk memanfaatkan peluang bisnis dari event semacam ini untuk meningkatkan kegiatan ekonomi.

33. Faktor-faktor dan dampak kenaikan tingkat bunga

·         Fenomena
Kenaikan tingkat bunga bank yang terjadi memiliki pengaruh langsung terhadap uang beredar,  tingkat investasi, tingkat tabungan di masyarakat.

·         Analisis




Kurva ini menunjukan kenaikan suatu tingkat suku bunga akan cenderung naik apabila jumlah uang lebih sedikit dan permintaan terhadap uang lebih banyak, sehingga peningkatan suku bunga ini dijadikan daya tarik agar masyarakat cenderung  menabung karena masyarakat dapat mengharapkan pengembalian yang menguntungkan. hal ini mengakibatkan permintaan masyarakat untuk memegang uang tunai menjadi lebih rendah karena masyarakat lebih memilih mengalokasikannya ke dalam bentuk deposito dan tabungan. Berkurangnya jumlah uang beredar mengakibatkan turunnya kecenderungan masyarakat untuk berbelanja. Selanjutnya harga barang dan jasa umum akan cenderung turun karena kurangnya permintaan. Tingkat bunga yang tinggi membuat tingkat investasi menjadi lesu karena masyarakat lebih memilih menabung daripada menginvestasikan uangnya, tetapi kenaikan tingkat bunga ini menjadikan para pengusaha yang membutuhkan modal itu lebih memilih meminjam dana melalui pasar modal daripada meminjam melalui bank yang tingkat bunganya tinggi. Pengusaha itu memberikan penawaran menarik kepada calon investor dengan menurunkan harga sahamnya sehingga masyarakat tertarik menanamkan modalnya.
·         Solusi
Pemerintah harus memanfaatkan dan mengontrol kenaikan tingkat bunga ini secara efektif untuk mengotrol jumlah uang yang beredar agar terjadi kesimbangan perekonomian di Indonesia.

44.  Faktor-faktor dan dampak subsidi

·         Fenomena 
Menurunnya daya beli masyarakat akibat kenaikan harga mengakibatkan pemerintah harus segera melakukan kebijakan untuk menstabilkan harga.

·         Analisis
Pembayaran pajak dan alokasinya memiliki peran penting dalam peningkatan dan penurunan subsidi. Pajak yang dibayarkan oleh masyarakat akan kembali kepada masyarakat dengan penyaluran subsidi.  Jika harga faktor-faktor produksi tinggi mengakibatkan harga produk yang dihasilkan perusahaan tinggi. Masyarakat yang memiliki pendapatan tetap tetapi harga terus naik mengakibatkan daya beli masyarakat menurun. Penurunan daya beli menyebabkan penurunan permintaan hasil produksi. Untuk megatasi kenaikan harga itu maka pemerintah memberikan subsidi langsung kepada produsen, salah satunya dengan membeli hasil produk dengan harga tinggi tetapi pemerintah menjual dengan harga rendah kepada konsumen. Pemerintah juga dapat memberi bantuan biaya kepada produsen agar harga faktor produksinya menurun sehingga masyarakat mampu membeli produk tersebut.

Kurva ini menujukkan penurunan harga karena pemberian subsidi oleh pemerintah dapat meningkatan kuantitas barang yang disediakan dengan penurunan tingkat harga sehingga masyarakat dapat mengonsumsi produk tersebut.

·         Solusi
Pemerintah sebaiknya lebih selektif dalam penyaluran subsidi, selain menurunkan harga maka perlu memerhatikan jangka panjang dari pengalokasiannya, misalnya subsidi yang dapat membuka perusahaan padat karya untuk memperluas lapangan kerja.

Nama   : Sartika
NPM   : 26210394
Kelas   : SMAK-04










Tidak ada komentar:

Posting Komentar