Kamis, 12 April 2012

Globalisasi

Globalisasi berasal dari kata global yang artinya menyeluruh atau universal. Ada sebagain yang berpendapat bahwa globalisasi merupakan proses sosial, atau proses sejarah, atau proses alamiah yang akan membawa seluruh bangsa dan negara berada dalam ikatan yang semakin kuat  untuk mewujudkan sebuah tatanan kehidupan baru sebagai masyarakat internasional. Globalisasi memudahkan setiap negara untuk saling berinteraksi sehingga informasi mengenai suatu negara dari berbagai bidang, seperti ekonomi, sosial, politik, budaya dll. Berbagai bidang dalam era globalisasi juga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan hubungan baik antar negara, kita dapat menjalin hubungan kerjasama dengan negara lain karena pada hakikatnya negara tidak dapat berdiri sendiri dalam memenuhi berbagai kebutuhan ekonomi maupun non-ekonomi. globalisasi yang sifatnya universal membuat pola pikir dan kebudayaan barat mengglobal.

Ciri globalisasi      
Ø  Globalisasi membuat perubahan berbagai bidang kehidupan yang begitu cepat dari waktu ke waktu, misalnya perkembangan telepon genggam , televisi satelit, dan internet.
Ø  Pengaruh perdagangan internasional yang di dominasi oleh kekuatan pasar internasional, hal ini menjadikan setiap negara harus berusaha keras mengikuti persaingan dunia.
Ø  Dengan mudah kita dapat mengetahui, mengenal, dan terpengaruh oleh  ragam budaya lintas negara lain melalui media massa.

Pada era globalisasi ini, kita sebagai Bangsa Indonesia yang merupakan bagian dari kesatuan masyarakat dunia juga harus siap menghadapi tantangan-tantangan global. Harus bisa memanfaatkan peluang jika kita tidak siap maka akan menjadi korban terpuruk di tengah-tengah arus global karena kekuatan pasar dunia tanpa batasan teritorial. Persaingan yang tinggi di antara seluruh masyarakat internasional karena memiliki hak yang sama untuk melakukan kegiatan ekonomi secara bebas tanpa batasan teritorial. Sebagai negara yang memiliki ideologi, kita harus dapat mempertahankan ideologi sebagai jati diri negara kita. Kita harus pandai mengambil sisi positif suatu kebudayaan negara lain dan membuang sisi negatifnya.

Terdapat pula hambatan dalam proses globalisasi yaitu pada  negara yang masih menganut sistem perekonomian tertutup sehingga tidak mudah menerima perubahan-perubahan global. Sikap nasionalisme yang berlebih sehingga menganggap pengaruh luar dapat mengacaukan keutuhan negaranya. Tingginya pajak dan bea suatu negara yang mengakibatkan produk dari luar negeri sulit melakukan export.

Dampak positif globalisasi  yaitu peluang pengusaha semakin besar untuk dibebaskan melakukan perdagangan produknya secara internasional, hal itu bergantung usaha yang dilakukan agar produk yang dihasilkan memiliki daya saing dengan produk luar negeri. Karena setiap negara memiliki keunikan masing-masing maka hal itu dapat dijadikan peluang atau nilai jual untuk menciptakan produk berkualitas sekaligus memperkenalkan keunikan negara kita kepada negara lain. Informasi lengkap dari berbagai media masa menjadikan investor mudah menyerap informasi secara lengkap. Pengenalan keunikan negara kita kepada negara lain menjadi lebih mudah, hal ini dilakukan untuk menarik para wisatawan. Siklus ekspor dan impor menjadi lebih mudah karena akses yang mudah dan informasi yang lengkap tentang apa yang sedang dibutuhkan suatu negara sehingga bisa dijadikan sebuah peluang bisnis.

Dampak negatif dari globalisasi yaitu produk kita kalah saing dengan produk luar negeri karena berbagai hal, misalnya sumber daya manusia yang terampil di negara kita kurang memadai sehingga produk yang dihasilkan kalah saing atau teknologi yang kalah bersaing pula. Masuknya tenaga kerja asing yang mengakibatkan semakin sempitnya peluang tenaga kerja dalam negeri. Lunturnya identitas negara kita karena terlalu mengkiblat kepada kebudayaan barat misalnya banyak generasi muda beranggapan kebudayaan barat itu keren sehingga kebudayaan sendiri di anggap kuno dan hal itu dapat memunahkan kepribadian bangsa sendiri.

Pengaruh globalisasi ini harus kita manfaatkan sebaik-baiknya, dapat dijadikan motivasi supaya negara kita tidak kalah saing dengan negara lain. Pentingnya mempertahankan identitas negara kita, kita harus pandai mengambil hal positif dari pengaruh luar dan membuang hal negatif yang bertentangan dengan identitas negara Indonesia.


Tugas 4 (Teori Ekonomi 1)
Nama           : Sartika
Npm             : 26210394
Kelas           : SMAK-04





Tidak ada komentar:

Posting Komentar